Berita Terbaru


More

Nikmatnya Dengke Mas Na Niura Khas Batak

Posted by : Fareksa.com on : Selasa, 07 Juni 2016 0 comments
Fareksa.com
Saved under :


Dengke Mas Na Niura Khas Batak
Nikmatnya Kuliner Khas Batak Dekke Mas Naniura (Sumber : Wikipedia.org)
Fareksa.com,Tomok - Dekke mas Naniura merupakan salah satu makanan khas batak yang rasanya sangat nikmat.Berupa ikan mas yang diberi  bumbu dan asam,kemudian dibiarkan menjadi lunak tanpa dimasak.

Dekka Mas na Niura atau lebih dikenal dengan Ikan Mas Na Niura ini merupakan makanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli.Dulu masakan Na Niura dikhususkan hanya untuk raja saja.Namun dikarenakan rasanya yang nikmat,maka semua orang juga ingin menyantap makanan yang lezat ini.

Dikutip dari Wikipedia.org  “Dekke Mas Na Niura adalah makanan khas batak yang berbahan dasar ikan mas/fish gold.”

Uniknya, hidangan satu ini disajikan dan dinikmati tanpa dimasak terlebih dahulu.Arti dari “Naniura” adalah ikan yang tidak dimasak.Hidangan ini biasanya juga disebut dengan “Sushi Sumatera Utara”.

Sekilas nama itu memang terlihat Ekstrim bukan,Tapi kalau sudah mencicipinya,pasti ketagihan.Ikan mentah ini disajikan dengan bumbu yang lengkap,sehingga membuat ikan tersebut lebih nikmat ketimbang bila dimasak.Dengan kata lain bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan tersebut.

Jadi,bagi anda para penikmat kuliner tidak salah jika anda mencicipi Na Niura ini.Dengan perpaduan bumbu dan asam Khas Batak dijamin anda akan ketagihan untuk mencicipinya lagi.


(frg)

 

Tidak ada komentar: